Sabtu, 01 Oktober 2011

"

perkembangan logo android



Lebah Biru Sang Maskot Android Honeycomb
Google memang sangat kreatif menciptakan nama-nama untuk versi OS Android Mereka. Versi 1.5 yang dinamakan Cupcake dilambangkan dengan kue dalam cup, v1.6 Donut digambarkan sebagai sebuah donat dengan lapisan cokelat, v2.0/2.1 dinamakan Eclair dengan logo kue lapis berisi krim putih, v2.2 Froyo juga merupakan nama makanan yang dipakai Google dan logo yang dibuat pun berbentuk yoghurt beku yang menggambarkan Froyo tersebut. Yang terbaru adalah v2.3 Gingerbread yang merupakan kue jahe yang biasa disajikan saat natal, dan begitu pula bentuk logo yang dipakai Google untuk Android 2.3 itu.



Yang masih menjadi tanda tanya adalah v3.0 Honeycomb. Dari sekian banyak versi Andorid, bisa disebut kesemuanya adalah nama kue atau merupakan sajian hidangan penutup. Tapi Honeycomb? Beberapa spekulasi dengan gampang membuat logo Android Honeycomb ini sebagai sarang lebah (seperti arti dari kata Honeycomb) yang dimodifikasi dengan robot Android. Tapi temuan terbaru sepertinya mementahkan semua pendapat itu.

Gambar yang ditemukan dalam SDK image dari Android 3.0 menunjukkan sebuah lebah bergaris hitam dan biru! Meski Google belum mengkonformasi tapi lebah biru itu telah dipercaya sebagai logo Android 3.0 Honeycomb. Yup, Honeycomb memang sepertinya diciptakan sebagai lebah yang mampu menyengat para pesaing Android khusunya di pasar tablet, mengingat Honeycomb adalah OS yang didesain untuk tablet.

- perkembangan logo android
"
"

Logo Android Berasal Dari Game Atari


Tidak ada seorang pun yang menyangka dari sebuah game Atari yang berjudul Gauntlet: The Third Encounter, ditemukan bukti yang hampir tidak terbantahkan bahwa tim pengembang Android(Atau setidaknya desainer grafisnya) telah memakai game buatan Epyx yang tidak terlalu sukses ini untuk logo droid yang sekarang menjadi fenomenal.

Tentu saja di game ini banyak karakter lain seperti “Nerd,” “Punkrocker,” dan “Pirate,” tapi hanya satu dari wajah-wajah segar ini yang akan menjadi cetak biru untuk logo Android. Sulit untuk mengatakan bahwa tidak ada kemiripan antara mereka, mengingat begitu banyak kesamaan yang mereka miliki, dari antena, mata berbentuk titik, ukuran dan bentuk secara keseluruhan, bahkan garis yang memotong bagian tubuh robot ini. Bahkan karakter dalam game ini juga bernama Android.
- Logo Android Berasal Dari Game Atari
"
"

sejarah ANDROID



SEJARAH ANDROID

Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Android’s co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger, Rich Miner (co-pendiri Kebakaran liar Communications, Inc , Nick Sears (sekali VP di T-Mobile , dan Chris White (diketuai desain dan pengembangan antarmuka di webtv. Pada waktu itu, hanya sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc lain dari itu mereka membuat perangkat lunak untuk ponsel.Hal ini dimulai desas-desus bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler, meskipun tidak jelas apa fungsi itu mungkin tampil di pasar itu. [rujukan?]
Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat mobile didukung oleh kernel Linux yang mereka dipasarkan ke produsen handset dan operator pada premis memberikan yang fleksibel, sistem upgradeable. [Rujukan?] Hal ini melaporkan bahwa Google telah berbaris serangkaian komponen perangkat keras dan perangkat lunak dan memberi isyarat untuk mitra operator itu terbuka untuk berbagai tingkat kerjasama pada pihak mereka.Lebih spekulasi bahwa Google akan memasuki pasar telepon seluler datang pada bulan Desember 2006 .Laporan dari BBC dan The Wall Street Journal mencatat bahwa Google ingin pencariannya dan aplikasi pada ponsel dan sudah bekerja keras untuk memberikan itu. Cetak dan media online segera melaporkan rumor bahwa Google sedang mengembangkan handset bermerek Google.Lebih spekulasi diikuti laporan bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknis, ini menunjukkan prototipe untuk produsen ponsel dan operator jaringan.
Pada bulan September 2007, InformationWeek menutupi sebuah studi Evalueserve melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler.Akhirnya Google meluncurkan smartphone Nexus Salah satu yang menggunakan open source Android mobile sistem operasi. Perangkat ini diproduksi oleh Taiwan’s HTC Corporation, dan menjadi tersedia pada 5 Januari 2010.

Apa saja Fitur OS Android ?

Masih berlanjut seputar OS Android, berikut fitur-fitur dari OS Android.
Handset layout
Platform disesuaikan dengan lebih besar, VGA, grafik 2D perpustakaan, grafis 3D perpustakaan berdasarkan OpenGL ES 1,0 spesifikasi, dan tata letak smartphone tradisional.
Storage (Penyimpanan)
Software database SQLite digunakan untuk tujuan penyimpanan data
Connectivity (Konektivitas)
Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.

sumber pengetahuanku
Messaging (Pesan)
SMS dan MMS tersedia bentuk threaded pesan termasuk pesan teks.
Web browser (Web browser)
Browser web yang tersedia di Android didasarkan pada open source WebKit kerangka aplikasi.
Java support (Dukungan java)
Perangkat lunak yang ditulis di Jawa dapat dikompilasi akan dieksekusi dalam Dalvik mesin virtual, yang merupakan implementasi VM yang dirancang khusus untuk perangkat mobile digunakan, meskipun tidak secara teknis standar Java Virtual Machine.
Media support (Dukungan media)
Android berikut mendukung audio / video / masih format media: H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau kontainer 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.
Additional hardware support (Dukungan hardware tambahan)
Android dapat menggunakan video / still camera, touchscreens, GPS, pengukur kecepatan, magnetometer, akselerasi 2D bitblits (dengan hardware orientasi, scaling, konversi format piksel) dan mempercepat grafis 3D.
Development environment (Lingkungan pengembangan)
Termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, memori dan kinerja profil, sebuah plugin untuk Eclipse IDE.
Market (Pasar)
Mirip dengan App Store pada iPhone OS, yang Android Pasar adalah sebuah katalog aplikasi yang dapat didownload dan diinstal untuk menargetkan hardware over-the-air, tanpa menggunakan PC. Awalnya hanya freeware aplikasi yang didukung. Paid-untuk aplikasi telah tersedia di Pasar Android di Amerika Serikat sejak 19 Februari 2009.
Multi-touch
Android memiliki dukungan asli untuk multi-touch tapi fitur dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari Apple melanggar paten pada teknologi layar sentuh). Model tidak resmi telah dikembangkan yang memungkinkan multi-touch, tetapi membutuhkan superuser akses ke perangkat berkedip kernel yang unsigned.
Android telah melihat sejumlah update sejak rilis aslinya. Pembaruan ini ke basis Sistem Operasi biasanya memperbaiki bug dan menambah fitur baru.
Pada tanggal 30 April 2009 resmi 1.5 (Cupcake) update untuk Android dirilis. Ada beberapa fitur baru dan update UI termasuk dalam 1,5 diperbaharui:
  • Kemampuan untuk merekam dan menonton video dengan modus kamera
  • Meng-upload video ke YouTube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon
  • Lembut baru keyboard dengan sebuah “Autocomplete” fitur
  • Kemampuan untuk secara otomatis terhubung ke headset Bluetooth dalam jarak tertentu
  • Widget baru dan folder yang dapat mengisi desktop
  • Animasi antara layar
  • Kemampuan diperluas “copy and paste” untuk memasukkan halaman web
Pada 15 September 2009, 1.6 (Donut) SDK dirilis. Termasuk dalam update adalah:
  • Android Pasar peningkatan pengalaman.
  • Kamera terintegrasi, camcorder, dan galeri antarmuka.
  • Galeri sekarang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa foto untuk dihapus.
  • Diperbarui suara Cari, dengan tanggapan yang lebih cepat dan lebih dalam integrasi dengan aplikasi asli, termasuk kemampuan untuk dial kontak.
  • Diperbarui pengalaman pencarian untuk memungkinkan mencari bookmark, sejarah, kontak, dan web dari layar awal.
  • Diperbarui Teknologi dukungan untuk CDMA / EVDO, 802.1x VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine
  • Kecepatan perbaikan untuk mencari, kamera. 
Versi berikutnya tumpukan perangkat lunak harus bernama Eclair (2.0), dan Flan.
Serangan Android yang begitu gencar tahun ini membuat pasar Blackberry terancam. Indosat memprediksi Android akan mengalahkan Blackberry.
“Kita prediksi Android akan lebih besar pangsanya ketimbang Blackberry. Pasalnya, handset Android lebih banyak ketimbang Blackberry, mulai dari harga Rp2,9 jutaan sampai dengan Rp5 jutaan,” tegas Head Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya, disela-sela acar Mega Bazaar, Hall Indosat, Jakarta, Rabu (3/3/2010).
Indosat sendiri tahun ini akan memasukkan sebanyak mungkin seri handset yang berbasis Android. Apalagi setelah Google telah memberi ‘lampu hijau’ terhadap perangkat Android di Indonesia untuk mengunduh Android Market.
“Antusiasme masyarakat terhadap Android sudah mulai terlihat. Dari 6 seri ponsel Android yang indosat lempar, 2.000 telah melakukan pre-order. Kebanyakan Samsung Galaxy dan Sony Ericsson Xperia 10 yang paling banyak dicari,” tandas Teguh.
Kendati Android diprediksi akan mengalahkan Blackberry, Teguh masih optimistis antara Android dan Blackberry masih bisa berdampingan. Karena dua sistem operasi ini mempunyai kelebihan yang berbeda.
“Blackberry kuat di fitur messagingnya, sedangkan Android mempunyai kelebihan di fitur multimedia. Keduanya bisa berjalan beriringan, bahkan bukan hal yang aneh jika nantinya satu orang mempunyai dua ponsel, Blackberry dan Android,” tegasnya..
- sejarah ANDROID
"

Selasa, 27 September 2011

"

Museum Batiwakkal BERAU



Musium Batiwakkal adalah musium yang didedikasikan untuk menyimpan koleksi- koleksi peninggalan Kerajaan Gunung Tabur. Musium terletak di tepi Sungai Segah, di Kota Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Musium ini dulunya adalah Istana Kerajaan Gunung Tabur. Memang bukan bangunan asli, karena saat Jaman Jepang, Istana telah hancur dibom oleh tentara Sekutu. Namun pembangunan ulangnya benarbenar mempertahankan arsitektur dan bahan-bahan seperti istana aslinya.

Koleksi-koleksi ini berasal dari dua putri Sultan terakhir Kerajaan Gunung Tabur. Mengingat bahwa kedua putri tersebut tidak menikah, maka beliau berdua menyerahkan semua koleksi benda-benda kerajaan kepada pemerintah. Sebagai imbalan, Pemerintah memberangkatkan mereka berdua untuk berhaji dan memberikan pensiun berupa biaya hidup. Sampai saat ini kedua putri tersebut tinggal di rumah megah yang dibangun persis disebelah Musium. Total koleksinya konon lebih dari 700 jenis.






Kerajaan Gunung Tabur

Kerajaan Gunung Tabur adalah merupakan pecahan dari Kerajaan Berau. Pada awal abad 19, dua anak Sultan Berau Sultan Muh. Zaenal Abidin, yakni Alimunddin Raja Alam dan Muh. Badaruddin bertikai memperebutkan tahta.
Kesempatan ini dipakai oleh Belanda untuk memecah Kerajaan Berau menjadi dua, yaitu Kerajaan Gunung Tabur yang dipimpin oleh Sultan Muh Badaruddin, dan Kerajaan Sambaliung yang dipimpin oleh Sultan Alimuddin Raja Alam. Wilayah kedua kerajaan ini dipisahkan oleh Sungai Segah. Sementara istana keduanya tepat saling berhadapan.



Campur tangan Belanda pada kerajaan Gunung Tabur ini sangat tinggi. Terbukti dari lambang kerajaannya sangat dipengaruhi oleh gaya Eropa. Entah mengapa Kerajaan Gunung Tabur memilih dua macan sebagai simbol kerajaan. Sedangkan di Kalimantan tidak ada harimau. Pastilah ini karena campur tangan Belanda.

Bukan hanya lambang kerajaan. Tetapi kostum Sultan, pedang yang disandang (lihat foto pada bagian foto-foto kuno) dan meriam-meriam (lihat foto-foto pada bagian meriam) menunjukkan betapa Belanda berpengaruh sangat besar kepada Kerajaan Gunung Tabur. Hal ini bisa dimengerti karena wilayah Berau banyak menghasilkan batubara yang dibutuhkan Belanda untuk menjalankan kapal-kapalnya.




Tahta dan Pusaka

Berikut adalah koleksi-koleksi yang berhubungan dengan tahta dan pusaka. Kursi Sultan dan Ibu permaisuri ini memang sudah tidak asli. Tahta yang asli ikut terbakar saat istana dibom oleh Belanda. Tetapi dibuat persis seperti aslinya.





Tahta terdiri dari dua kursi berukir dengan bantalan dari busa berlapis kain kuning. Di samping tahta ada bendera berwarna kuning dengan pedang berwarna merah.

Di depan tahta terdapat meja dengan alas meja berwarna hijau dan perangkat sajian dari kuningan.

Tepat diatas tahta, ada foto Sultan dengan Permaisuri mengenakan pakaian kebesaran kerajaan. Pedang pusaka ini adalah pedang buatan Belanda. Gagangnya terbuat dari gading, sarungnya terbuat dari kulit dengan ujung-ujung sarung terbuat dari emas.




Foto-foto Tua

Di Musium ini juga terdapat beberapa foto tua. Misalnya foto berikut ini dimana Sultan berfoto bersama istrinya yang berasal dari Keraton Surakarta. Konon disain pakaian Sultan dibuat oleh ahli tatabusana dari Italy yang didatangkan oleh Belanda.




Dalam foto berikut ini Sultan berpose bersama istrinya yang dari Keraton Surakarta (sebelah kanan) dan satu istri lainnya yang beretnis Arab.



Sedangkan foto di bawah ini menunjukkan betapa Belanda telah mampu mengumpulkan Sultan-Sultan di Kalimantan Timur.
Konon katanya, kostum yang dikenakan oleh para Sultan ini adalah karya ahli tatabusana dari Italy yang juga mendesain pakaian kebesaran Sultan Gunung Tabur.




Koleksi Meriam

Di Musium ini terdapat banyak sekali meriam. Dua meriam diletakkan di samping kanan dan kiri pintu masuk. Satu meriam pijitan diletakkan di dalam musium. Sementara meriam-meriam lain ditata di kanan kiri bangunan utama musium.

Beberapa dari meriam ini pecah, yang menunjukkan bahwa meriam ini dulunya adalah benar-benar dipakai untuk berperang, dan bukan sekedar untuk pajangan kerajaan







Koleksi Keramik dan alat-alat makan

Rupanya hubungan Kerajaan Berau dengan perdagangan internasional telah terjadi. Terbukti dari banyaknya koleksi keramik China dari Dinasti Song (abad 12-13) dan dari Dinasti Yuan (abad 13-14).



Selain dari keramik China, musium ini juga memiliki koleksi keramik dari Eropa dan Arab (?) dan beberapa alat makan dari Belanda dan Eropa lainnya.




Alat Pembantu Kelahiran

Salah satu koleksi yang tak mungkin anda temui di musium lain adalah alat untuk membantu melahirkan. Alat ini diletakkan di sebelah dipan yang disiapkan untuk ibu yang baru selesai melahirkan. Alat ini dibuat dari biji pohon Paung Janggi (sejenis pohon ulin). 

Nah kalau ada perempuan yang sulit melahirkan, maka perempuan tersebut harus minum air yang dituang ke biji tersebut. Maka kelahiran bayi akan menjadi lancar.
Tapi apa alasannya sehingga biji ini dijadikan alat untuk membantu melahirkan?
Ternyata, sebabnya adalah bentuk dari biji ini persis seperti kelamin perempuan!



 sumber pengetahuanku  
- Museum Batiwakkal BERAU
"

Minggu, 25 September 2011

"

apa itu WWW pada web

Apa itu www “World Wide Web”
Sejarah tentang word wide web atau (WWW), banyak diantara kita yang masih kurang tahu banyak tentang apa itu www yang biasa digunakan di internet, www atau (World wide web) www adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna.
www merupakan bagian dari internet.


Fungsi dari WWW “World WIde Web”
Fungsi dari WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.
Sejarah dari WWW “World WIde Web”
World wide web mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet lainnya. Pada tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu lintas internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga kadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidaklah sama.
Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Web dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuan semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.
WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.
- apa itu WWW pada web
"
"

apa itu HTTP

HTTP (Hyper text Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen/halaman dalam WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan dapat diformat dan dikirimkan dari client ke server atau sebaliknya. HTTP mengatur aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

Pengembangan standar HTTP dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang menghasilkan publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), antara lain RFC 2616 yang mendefinisikan tentang HTTP/1.1. (dipublikasikan pada bulan Juni 1999).
HTTP merupakan sebuah protokol untuk meminta/menjawab antara klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain sebagainya), biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80). Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent. Server yang meresponsnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server. Di antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxy, gateway, dan juga tunnel. Sumber yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator (URL), menggunakan skema URI http: atau https:.

Bagaimana cara kerja dari HTTP tersebut?

Bila kita mengklik link hypertext atau kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser, maka Anda sedang mentransfer URL ke browser, dan Dari URL ini browser Anda tahu server mana yang akan dihubungi dan file apa yang diminta kemudian  web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server selanjutnya akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.

Bagaimana proses transaksi data HTTP?

Selama transaksi http, para pemohon atau yang dikenal sebagai klien, meminta file ke server melalui web browser.
Skema normal :
1. Klien terhubung ke host,
2. Server menerima koneksi,
3. Klien permintaan file,
4. Server mengirimkan respon (termasuk file atau tidak).
- apa itu HTTP
"